I.
PENGORGANISASIAN
STRUKTUR MANAJEMEN
A.
PENGORGANISASIAN
Pengorganisasian
(organizing).
Pengorganisasian adalah langkah untuk menetapkan,
menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan, menetapkan tugas tugas
pokok, wewenang dan pendelegasian wewenang oleh pimpinan kepada staf dalam
rangka mencapai tujuan organisasi. Berdasarkan defenisi tersebut maka Fungsi
pengorganisasian merupakan alat untuk memadukan (sinkronisasi) dan mengatur
semua kegiatan yang ada kaitannya dengan personil, finansial, materil dan tata
cara untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama.
Pengorganisasian adalah salah satu fungsi managemen yang juga
mempunyai peranan penting seperti halnya fungsi perencanaan. Melalui fungsi
pengorganisasian, seluruh sumberdaya yang dimiliki oleh organisasi ( manusia
dan bukan manusia ) akan diatur penggunaannya secara efektif dan efesien untuk
mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
B.
STRUKTUR
ORGANISASI
Struktur organisasi adalah pola tentang hubungan
antara berbagai komponen dan bagian organisasi. Pada organisasi formal struktur
direncanakan dan merupakan usaha sengaja untuk menetapkan pola hubungan antara
berbagai komponen, sehingga dapat mencapai sasaran secara efektif. Sedangkan
pada organisasi informal, struktur organisasi adalah aspek sistem yang tidak
direncanakan dan timbul secara spontan akibat interaksi peserta.
Struktur organisasi-organisasi memberikan kerangka
yang menghubungkan wewenang karena struktur merupakan penetapan dan penghubung
antar posisi para anggota organisasi. Jika seseorang memiliki suatu wewenang,
maka dia harus dapat mempertanggungjawabkan wewenangnya tersebut.
Struktur
Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi
yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai
tujuan Struktur organisasi Pusdiklat Struktur
organisasi adalah
bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal.
C.
PENGORGANISASIAN
SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN
Salah satu fungsi manajemen adalah mengetahui
pengorganisasian yang merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting karena
dengan pengorganisasian berarti akan memadukan seluruh sumber-sumber yang ada
dalam organisasi,baik yang berupa sumber daya manusia maupun sumber daya
lainnya ke arah tercapainnya suatu tujuan.pentingnya pengorganisasian sebagai
fungsi yang dijalankan oleh setiap manajer atau orang-orang yang menjalankan
manajemendalam setiap organisasi.Fungsi manajemen lainnya yaitu pengorganisasian,yang
sama pula pentingnya dengan fungsi perencanaan karena dalam pengorganisasian
seluruh sumber(resources) baik berupa manusia maupun yang nonmanusia harus
diatur dan paduakan sedemikian rupa untuk berjalannnya suatu organisasi dalam
rangkai pencapaian tujuannya. Pemahaman tentang pengorganisasian sebagai salah
satu fungsi manajemen,akan memberikan kejelasan bahwa proses pengaturan di
dalam organisasi tidak akan selesai,tanpa diikuti oleh aktuasi yang berupa
bimbingan kepada manusia yang berada di dalam organisasi tersebut,agar secara
terus-menerus dapat menjalankan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya.
Fungsi
manajemen yang terpenting yang kedua ialah pengorganisasian atau
organizting.Fungsi tersebut dijalankan oleh semua manajer pada semua tingkatan.
Pengorganisaian mengantar semua sumber dasar(manusia dan nonmanusia)kedalam
suatu pola tertentu sedemikian rupa sehingga orang-orang yang bekerjaan dan
berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Pengorganisasian mempersatupadukan
orang-orang di dalam kerja yang satu dengan kerja yang lian-lain untuk saling
berhubungan.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
Konopaske, Robert, Matteson, Michael T. & Ivancevich,
John M. (2007). Perilaku dan Manajemen
Organisasi, Edisi Ketujuh. PT Gelora Aksara Pratama: Erlangga.
Robbins, Stephen P.(2004). Manajemen, Edisi Kesepuluh jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar